Buah Zaitun dan Manfaatnya

by mbaratna on September 26, 2012

Buah zaitun dikenal sebagai buah yang kesohor di dunia. Kehebatan buah zaitun sudah terkenal sejak tahun 2000 SM.  Zaitun bukan hanya menawarkan citarasa yang lezat pada berbagai jenis makanan, tetapi juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Berbagai bangsa di dunia, mengakui kenikmatan buah zaitun dalam pelengkap aneka makanan seperti salad, piza, pasta, hingga tapas. Dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad SAW bahkan menyarankan umat Islam untuk menggunakan minyak zaitun di badan dan rambutnya. Minyak zaitun dipercaya dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga dapat membuat kulit awet muda.

Jenis-Jenis Buah Zaitun

Dilihat dari kematangan buah, cara memanen serta proses penyimpanannya, buah zaitun dikelompokkan menjadi tiga jenis.

1. Zaitun hijau

Zaitun hijau adalah buah yang belum matang dan mengandung minyak sedikit dibanding zaitun hitam. Setelah dipanen, zaitun hijau direndam dalam cairan alkali untuk menghilangkan rasa getir. Selanjutnya buah direndam di dalam air garam, lalu difermentasikan dengan bakteri lactobacillus.

2. Zaitun hitam

Buah zaitun hitam lebih matang dari zaitun hijau. Zaitun hitam juga direndam dalam cairan alkali, tetapi juga diangin-anginkan setiap beberapa waktu, karena itu buah berwarna hitam. Zaitun hitam juga direndam dalam air garam.

3. Zaitun kalamata

Buah zaitun kalamata adalah buah zaitun yang baru dipanen ketika benar-benar sudah matang di pohon, berwarna ungu tua. Kalamata tidak direndam di dalam cairan alakli, tetapi langsung di dalam cairan garam. Setelah itu buah dipak dalam cairan garam dan cuka dengan tambahan minyak zaitun. Proses yang lebih pendek membuat citarasanya lebih kuat dibanding zaitun hitam dan hijau.

Kandungan Gizi Buah Zaitun

Lihat gambar dibawah ini untuk melihat perbandingan kandungan gizi buah zaitun hijau dan hitam.

kandungan gizi buah zaitun

sumber: http://calorieking.com

Manfaat Buah Zaitun

Berbagai macam penelitian telah membuktikan bahwa buah zaitun sangat baik bagi kesehatan.

  • Pencegah kanker

Sebuah studi di Northwestern University di Chicago menemukan hal menarik dari wanita-wanita yang melakukan diet ala Mediterania. Ternyata mereka beresiko lebih kecil terkena kanker payudara.Setelah ditelisik, ternyata menu diet ini menggunakan buah zaitun, yang ditengarai puny akhasiat anti-kanker.

Sebuah survei yang dilakukan di 28 negara menunjukkan bahwa daging bisa meningkatkan resiko kanker kolom. Tapi jika daging disajikan dengan minyak aitun, resiko tersebut berkurang.

  • Antioksidan

Zaitun mengandung vitamin E cukup tinggi. Satu cangkir buah zaitun bisa memenuhi sekitar 20% kebutuhan vitamin E harian tubuh kita. Vitamin E dan lemak tak jenuh – terutama asam lemak essensial yang tidak diproduksi oleh tubuh – dalam zaitun merupakan kombinasi yang baik untuk pelindung dan penyusun dinding sel tubuh.

  • Mencegah serangan jantung

Beberapa peneliti menemukan bahwa mengganti lemak jenuh dengan minyak zaitun (yang rendah asam lemak jenuh) akan menurunkan kadar koelsterol jahat (LDL), yang berarti akan mengurangi resiko serangan jantung.

  • Efektif untuk diet

Diet ala Mediterania yang memadukan buah zaitun dan minyak zaitun mampu menurunkan berat badan secar asignifikan. Hasil tersebut berdasarkan studi yang dilakukan oleh Brigham dan Women’s Hospital di Boston.

 Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Selain buahnya, zaitun juga dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Ada beberapa kategori minyak zaitun berdasarkan kualitasnya.

Extra virgin, merupakan jenis minyak zaitun terbaik, diperoleh dari pemerasan pertama buah zaitun.  Minyak jenis ini diperoleh secara mekanikal manual. Buah zaitun hanya digiling dan diperas, tanpa proses pemanasan maupun campuran bahan kimia. Minyak ini paling baik untuk kesehatan tubuh.

Virgin, merupakan penyaringan kedua setelah extra virgin. Aromanya lebih ringan, tidak sekuat extra virgin.

Minyak suling, dibuat dari zaitun yang lebih rendah mutuya dari virgin. Mellaui proses kimiawi dengan penambahan aroma, biasa dipakai untuk memasak dan menggoreng.

Minyak murni, jangan terkecoh dengan kata murni (pure), karena minyak zaitun jenis ini yang terendah mutunya. Fungsinya hampir sama dengan jenis minyak suling, antara lain untuk memasak, juga campuran salad dan pasta.

Satu hal yang harus diingat adalah minyak zaitun bukanlah wine. Jadi jangan menyimpannya selama berbulan-bulan apalagi bertahun-tahun. Minyak zaitun segar adalah yang terbaik.

Dari berbagai sumber.

 

 

None found.

Fakta : sebagian besar orang tidak tau kalo internet bisa jadi sumber penghasilan. Anda bisa menjalankan bisnis dari depan komputer saja tanpa banyak membuang waktu dan energi.

Mau tau caranya?

Isi form dibawah ini yaa. Upline saya, Nadia Meutia dan Dini Shanti akan membagi tipsnya untuk Anda!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN


PERHATIAN!!!

Penting untuk Anda ketahui! Anda akan menerima beberapa email berseri selama beberapa minggu ke depan yang menjelaskan secara langsung atau tidak, hal-hal mengenai bisnis Oriflame bersama d'BC Network. Bila memang tidak ingin menerima email berseri JANGAN ISI FORM INI.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Next post: