Temu Kunci Dan Khasiatnya

by mbaratna on December 11, 2012

sumber : wikipedia

sumber : wikipedia

Temu kunci adalah sejenis rempah-rempah yang banyak digunakan dalam bumbu berbagai masakan Indonesia. Bentuknya agak berbeda dibanding jenis lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Dengan nama latin Boesenbergia rotunda, temu kunci merupakan satu famili dengan jahe, lengkuas, kunyit dan sejenisnya.

Dari hasil penelitian, temu kunci diketahui mengandung banyak minyak atsiri antara lain: sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin.

Selain sebagai bumbu masak, temu kunci juga dikenal memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Diantaraya sebagai peluruh dahak/untuk menanggulangi batuk, peluruh kentut, penambah nafsu makan, menyembuhkan sariawan, pemacu keluarnya air susu ibu (ASI), dll.

Berikut ini pemanfaatan temu kunci untuk mengobati penyakit.

  • Sariwan. Kunyah-kunyah rimpang temu kunci, telan.
  • Sukar kencing atau perut kembung pada anak-anak. Parut rimpang temu kunci, lalu campur dengan adas pulo sari yang sudah dihaluskan, dibentuk seperti bedak tebal, tempelkan ke perut anak.
  • Kurap. Tumbuk rimpang temu kunci, daun temu kunci, tambahkan air. Buat menjadi bentuk tapal, tempelkan ke kulit yang sakit.
  • Cacing gelang. Tumbuk rimpang temu kunci, tambahkan santan kelapa, bubuk belerang, minum.
  • Sebagai peluruh kentut. Dibuat sediaan “juice” yang terdiri dari 3 jari rimpang; diminum untuk dosis tunggal. Dibuat “tapal” dari sejumlah rimpang dan ditempelkan pada perut. Dibuat infusa yang terdiri dari 25 gram serbuk rimpang kering dengan 100 ml air mendidih, didiamkan sampai keadaan hangat; setelah disaring, diminum sebagai dosis tunggal.
  • Sebagai penambah nafsu makan. Dibuat infusa yang terdiri dari 3 buah rimpang dan 110 ml air; atau diseduh, diminum 1 kali sehari 100 ml, diulang selama 14 hari.
  • Sebagai pemacu keluarnya air susu ibu (ASI). 20 gram rimpang temu kunci, dipotong kecil-kecil, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit; kemudian ditambah 1/4 sendok teh garam dapur, setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

Demikian ulasan mengenai temu kunci dan khasiatnya. Semoga bermanfaat.

Dikutip dari berbagai sumber.

None found.

Fakta : sebagian besar orang tidak tau kalo internet bisa jadi sumber penghasilan. Anda bisa menjalankan bisnis dari depan komputer saja tanpa banyak membuang waktu dan energi.

Mau tau caranya?

Isi form dibawah ini yaa. Upline saya, Nadia Meutia dan Dini Shanti akan membagi tipsnya untuk Anda!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN


PERHATIAN!!!

Penting untuk Anda ketahui! Anda akan menerima beberapa email berseri selama beberapa minggu ke depan yang menjelaskan secara langsung atau tidak, hal-hal mengenai bisnis Oriflame bersama d'BC Network. Bila memang tidak ingin menerima email berseri JANGAN ISI FORM INI.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

{ 2 trackbacks }

Previous post:

Next post: